Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas.
materi Pendidikan Agama Islam merupakan aspek penting yang harus mendapatkan prioritas utama dalam pendidikan, Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di Sekolah yang selama ini memang cenderung sangat teoritik dan dirasa tidak ada relevansinya dengan lingkungan dimana peserta didik tinggal. Memberikan pendidikan agama kepada Peserta Didik berarti mengembangkan fitrah dasar manusia yang d…
Kurikulum adalah program yang akan diajarkan guru kepada siswanya. Program itu memuat berbagai usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu membangun Sumber Daya Manusia yang berakhlak, cerdas, dan berprestasi sebagaimana diamanatkan UU Sisdiknas. Buku ini merupakan usaha memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan mulia tersebut. Buku ini bermaksud menjembatani kepentingan para guru dalam…
Kebijakan kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya sering dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan, dan akan terkena dampaknya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum, termasuk Kurikulum 2013. Oleh karena itu, diperlukan pemah…
sistem pendidikan indonesia yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, membutuhkan sistem kurikulum yang sesuai dan tepat untuk menantisipasi kebutuhan dunia pendidikan yang berorientasi masa depan.
Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas, guru atau calon guru akan mendapatkan pengetahuan praktis langkah-langkah untuk menerjemahkan pedoman instruksional dan selanjutnya membuat persiapan pengajaran
Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, pada hakikatnya kurikulum bukan hanya mata pelajaran dan rencana pembelajaran, melainkan merupakan pengalaman siswa,guru dan semua yang ikut melaksanakan pendidikan.
Guru profesional dituntut memiliki seperangkat ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, memiliki keahlian sesuai dengan bidang profesi yang ditekuninya.
buku ini memaparkan secara komprehensif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mulai berlaku seiring terbitnya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bagian Pertama, menjelaskan latar pengembangan kurikulum itu sendiri. Dimulai dari dasar, landasan, desain, proses, dan prinsip serta m,odel pengembangan kurikulum. Bagian Kedua, merupakan substansi inti pembahasan, yaitu: Pengembangan K…
Kurikulum dan pembelajaran merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang membutuhkan pengelolaan (manajemen) untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional.
tatalaksana kurikulum di sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting diantara kegiatan kegiatan administratif lainnya, kurikulum dengan diiringi tatalaksana yang baik, tepat dan cermat akan mampu membuahkan hasil yang baik pula
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. bahkan banyak pihak yang menganggap kurikilum sebagai rel yang menentukan akan kemana pendidikan di arahkan.
Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Berhasil tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya seorang anak didik dan pendidik menyerap dan memberikan pengajaran, dan sukses tidaknya suatu tujuan pendidikan itu doicapai, tentu akan sangat tergantung pada kurikulum.
kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, karena itu kurikulum muntlak harus ada.
Pokok bahasan dalam buku ini dipandang memadai sebagai rujukan praktis dalam pengembangan kurikulum lembaga pendidikan apapun, sejak hulu, hingga siap operasional hilir.
Kurikulim esensinya adalah program, kurikulum harus merefleksikan masalah -masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional, program yang di susun baik memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula.
sejatinya kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk klinis materi pembelajaran, lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan suatu bangsa.