Buku ini membahas secara komprehensif berbagai hal yang berkenan dengan evaluasi pendidikan diantaranya, Batasan, peran, dan persyaratan evaluasi, model Evaluasi, penyiapan tujuan intruksional, dan partisipasi siswa dalam Evaluasi, macam-macam tes tertulis, macam-macam alat ukur non tes, teknik sosiometri, dan pembuatan nilai akhir, Evaluasi diagnostic dan remidi
Melihat pentingnya evaluasi program pendidikan maka dalam buku ini disajikan berbagai hal penting berkenaan dengan evaluasi program pendidikan. Hal-hal yang dibahas antara lain, konsep dasar evaluasi program, model dan rancangan evaluasi program, perencanaan dan pelaksanaan evaluasi program, analisis hasil evaluasi, cara menyusun laporan evaluasi, dan tata tulis laporan evaluasi. Pada edisi ked…
Buku ini membahas tentang bagaimana mempelajari prinsip evaluasi pendidikan dengan cara mudah dan berdasarkan permasalahan nyata, juga merupakan usaha pemenuhan tercapainya tujuan pendidikan, khususnya dalam penyediaan materi pembelajaran.
Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi 3 ini merupakan buku yang sangat diperlukan oleh guru yang bertugas mengajar didepan kelas.
Buku ini bertujuan selain untuk memenuhi permintaan tentang bagaimana mempelajari konsep-konsep evaluasi program dengan cara yang lebih komprehensif dan berorientasi praksis melalui penerapan permasalahan nyata, juga sebagai usaha penulis untuk memenuhi permintaan untuk diterbitkannya karya ilmiah bagi para guru, para mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya.
Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar, yaitu tes dan nontes. Buku ini akan membahas tentang teknik tes yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar, diantaranya mengenai penyusunan dan pelaksanaan tes, pengujian validitas tes dan validitas item tes; pengujian reliabilitas tes; pemeriksaan, pemberian skor, dan pengolahan hasil tes; serta penentuan nilai akhir;…
Buku ini menyajikan pembahasan tentang evaluasi pendidikan yang telah disesuaikan dengan silabus kurikulum nasional strata 1 IAIN, yakni konsep dasar evaluasi pendidikan, klasifikasi tujuan instruksional, teknik evaluasi, pengukuran ranah kognitif, efektif dan psikomotor dalam pendidikan agama islam
Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri pribadi siswa.
olok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik bur…
Tolak ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi, evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan.