supervisi pendidikan merupakan salah satu elemen krusial dalam pendidikan, yang mendorong perbaikan demi perbaikan terwujudnya tujuan dan cita- cita bersama
ilmu dan teknologi pendidikan selalu berkembang, sementara supervisi pendidikan di indonesia sangat memprihatinkan. dunia pendidikan tidak terlepas dari supervisi.
guru harus profesional, memiliki kemampuan dan keahlian untuk melaksanakan kewajiban dan tugas tugasnya secara efektif, supervisi pendidikan memberikan bantuan dan layanan kepada guru untuk meningkatkan keguruannya dan keprofesionalaanya.
Buku ini mengetengahkan secara teoritis, holistik, aplikasi serta secara kontestual tentang pelaksanaan supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
peran supervisor adalah memberikan bimbingan, arahan, dan tuntutan proses belajar mengajar guru demi perbaikan.langkah perbaikan ini ditujukan agar proses belajar mengajar serta peran dan tugas guru semakin profesional dan berprofesi sebagaimana diidealkan.
salah satu penyebab munculnya problematika dalam manajemen pendidikan adalah praktik mengajar yang lebih memfokuskan pada penguasaan materi daripada membekali diri siswa dari sudut kompetensi.
Buku ini juga ditulis sebagai tindak lanjut dari beberapa hasil riset supervise pembelajaran yang penulis lakukan. Beberapa hasil riset di bidang supervisi pembelajaran yang pernah penulis lakukan tersebut, adalah kesukaran-kesukaran Kepala Sekolah Dasar Negeri Dalam Melaksanakan Teknik-teknik Supervisi Pembelajaran, (z) pelaksanaan Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Madrasah lbtidaiyah dan Tsa…
Meningkatkan mutu pendidikan merupakan kerja kompleks dan sistematik.
Buku ini merupakan informasi atau data awal yang insyaAllah akan dapat menjadi bahan pegangan dan rujukan, khususnya bagi kepala sekolah, pengawas pendidikan/penlik baik di lingkungan kementerian agama, baik negeri maupun swasta serta yayasan-yayasan yang mebawahi lembaga pendidikan