Tugas melakukan kegiatan belajar mengajar salah satu komponennya adalah melaksanakan penilaian hasil pembelajaran. Kegiatan penilaian hasil pembelajaran perlu dilakukan oleh pamong belajar untuk mengetahui sejauhmana tujuan program dan tujuan pembelajaran telah tercapai. Dalam upaya meningkat kompetensi pamong belajar dalam melaksanakan penilaian hasil belajar perlu dilakukan terus menerus…
Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya menggambarkan hasil yang diperolehnya setelah mengalami proses belajar? Apakah proses belajar mengajar sudah cukup efisien dan produktif? Jika belum, apa saja yang masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan? Semua perta…
pada awal milenium kedua ini dunia pendidikan diramaikan oleh iistilah asesmen autentik. istilah yang bersentuhan dengan ranah penilaian ini sampai sekarang terus di bicarakan dan ditelaah oleh pakar pendidikan di berbagai forum seminar, lokakarya, diskusi, penataran yang terkait dengan pembelajaran.