Kebijakan kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya sering dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan, dan akan terkena dampaknya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum, termasuk Kurikulum 2013. Oleh karena itu, diperlukan pemah…
Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, pada hakikatnya kurikulum bukan hanya mata pelajaran dan rencana pembelajaran, melainkan merupakan pengalaman siswa,guru dan semua yang ikut melaksanakan pendidikan.
Guru profesional dituntut memiliki seperangkat ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, memiliki keahlian sesuai dengan bidang profesi yang ditekuninya.
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. bahkan banyak pihak yang menganggap kurikilum sebagai rel yang menentukan akan kemana pendidikan di arahkan.
Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Berhasil tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya seorang anak didik dan pendidik menyerap dan memberikan pengajaran, dan sukses tidaknya suatu tujuan pendidikan itu doicapai, tentu akan sangat tergantung pada kurikulum.
Pokok bahasan dalam buku ini dipandang memadai sebagai rujukan praktis dalam pengembangan kurikulum lembaga pendidikan apapun, sejak hulu, hingga siap operasional hilir.
Kurikulim esensinya adalah program, kurikulum harus merefleksikan masalah -masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional, program yang di susun baik memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula.
sejatinya kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk klinis materi pembelajaran, lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan suatu bangsa.