Buku ini membahas secara komprehensif berbagai hal yang berkenan dengan evaluasi pendidikan diantaranya, Batasan, peran, dan persyaratan evaluasi, model Evaluasi, penyiapan tujuan intruksional, dan partisipasi siswa dalam Evaluasi, macam-macam tes tertulis, macam-macam alat ukur non tes, teknik sosiometri, dan pembuatan nilai akhir, Evaluasi diagnostic dan remidi
Melihat pentingnya evaluasi program pendidikan maka dalam buku ini disajikan berbagai hal penting berkenaan dengan evaluasi program pendidikan. Hal-hal yang dibahas antara lain, konsep dasar evaluasi program, model dan rancangan evaluasi program, perencanaan dan pelaksanaan evaluasi program, analisis hasil evaluasi, cara menyusun laporan evaluasi, dan tata tulis laporan evaluasi. Pada edisi ked…
Buku ini membahas tentang bagaimana mempelajari prinsip evaluasi pendidikan dengan cara mudah dan berdasarkan permasalahan nyata, juga merupakan usaha pemenuhan tercapainya tujuan pendidikan, khususnya dalam penyediaan materi pembelajaran.
Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi 3 ini merupakan buku yang sangat diperlukan oleh guru yang bertugas mengajar didepan kelas.
Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teksnis Prosedur, salah satu komponen yang penting yang merupakan tugas professional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi†sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaianâ€. Alasannya, pembelajaran sebagai suatu sistem tidak hanya terdiri atas hasil belajar tatapi ju…
Buku ini bertujuan selain untuk memenuhi permintaan tentang bagaimana mempelajari konsep-konsep evaluasi program dengan cara yang lebih komprehensif dan berorientasi praksis melalui penerapan permasalahan nyata, juga sebagai usaha penulis untuk memenuhi permintaan untuk diterbitkannya karya ilmiah bagi para guru, para mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya.
Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar, yaitu tes dan nontes. Buku ini akan membahas tentang teknik tes yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar, diantaranya mengenai penyusunan dan pelaksanaan tes, pengujian validitas tes dan validitas item tes; pengujian reliabilitas tes; pemeriksaan, pemberian skor, dan pengolahan hasil tes; serta penentuan nilai akhir;…
Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan mengevaluasi hasil pengajaran dan evaluasi Anda sendiri.
HIngga saat ini, peran guru BK di setiap sekolah bisa dikatakan hampir tidak terlihat atau bahkan kerap dilupakan, padahal posisi guru BK di dalam proses pendidikan sangatlah vital.
Buku ini menyajikan pembahasan tentang evaluasi pendidikan yang telah disesuaikan dengan silabus kurikulum nasional strata 1 IAIN, yakni konsep dasar evaluasi pendidikan, klasifikasi tujuan instruksional, teknik evaluasi, pengukuran ranah kognitif, efektif dan psikomotor dalam pendidikan agama islam
Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri pribadi siswa.
olok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik bur…
Melihat pentingnya evaluasi program pendidikan maka dalam buku ini disajikan berbagai hal penting berkenaan denagan evaluasi program pendidikan
Tolak ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi, evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan.
Evaluasi hasil belajar adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kinerja akademik. Evaluasi hasil belajar dilakukan secara menyeluruh dan kontinyu dengan cara yang sesuai dengan ciri-ciri pendidikan keahlian yang bersangkutan.
Evaluasi pada dasarnya sebagai dasar keputusan menyusun kebijakan, maupun program selanjutnya untuk keputusan apakah dilanjutkan, diperbaiki, atau dihentikan.
Evaluasi Terhadap siswa dalam ranah pendidikan adalah sebuah keniscayaan yang tidak terhindarkan, evaluasi ini memang di hadirkan sebagai salah satu upaya untuk menakar kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang di berikan oleh guru, akan tetapi proses evaluasi yang di hadirkan tak jarang membuat siswa stres.