Buku metodologi penelitian ini memberikan penjelasan mengenai tahapan proses pelaksanaan penelitian, yakni mulai dari tahap identifikasi masalah penelitian, penyusunan latar belakang, perumusan masalah penelitian, penyusunan tinjauan pustaka, metode pengumpulan data, pengolahan dayya, hingga proses analisis dan pengambilan kesimpulan dan saran.
Buku ini berisi dasar-dasr penelitian kesehatan, rancangan penelitian kesehatan, metode penelitian survei, metode penelitian eksperimen, metode penelitian surveilans, perencanaan peelitian kesehatan, penyusunan laporan penelitian.
Untuk membantu para tenaga pengajar memahami Metodologi Penelitian, di dalam buku ini disajikan berbagai hal yang berhubungan dengan seluk-beluk penelitian. Hal-hal yang dibahas antara lain proses penelitian, berbagai metode dan macam penelitian, rancangan-rancangan eksperimental, dan peranan statistika. Selain itu, buku ini juga menyajikan pengembangan instrumen pengumpul data dan peranan komp…
Walau masih dianggap “kelas dua†jika dibandingkan metode penelitian kuantitatif, keabsahan metode penelitian kualitatif telah diakui secara ilmiah. Banyak temuan mutakhir & spektakuler yang ditemukan melalui metode penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial mengulas dan menjelaskan mengenai metode penelitian kualitatif, khususnya untuk bidang/…
Bagi mahasiswa dan peneliti pemula buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menyusun dan merancang sebuah penelitian, pembaca kan di bimbing bagaimana membuat dan merancang sebuah penelitian, mulai dari proposal sampai membuat laporan penelitian.
Buku ini mengupas hal-hal yang menjadi unsur penting metodologi penelitian seperti cara memperoleh kebenaran; beberapa metode dan jenis-jenis penelitian; masalah topik, sampling, dan variabel; perencanaan data; kerangka penelitian; serta pengolahan data, analisis datia, dan penyaiian hasitpenelitian. Dengan bekal teoretis yang tersaji dalam buku ini, Anda dapat melaksanakan penelitian dengan la…
buku ini membahas cara-cara atau metode-metode untuk meneliti secara praktikal, mahasiswa dilatih untuk berpikir logis, jujur dan obyektrif mulai dari penentuan judul sampai kepada penarikan kesimpulan.
membahas tentang penelitian ilmiah secara mendasar dalam mencari kebenaran dengan pendekataan baik sevcara kuantitatif maupun kualitatif, kebenaran ilmiah merupakan buah pikir yang dilakukan secara sistematis, logis dan empiris, bukan sesuatu temuan kebenaran yang bersifat kebetulan.
Buku ini ditujukan untuk membekali pembaca dan peneliti terutama mahsiswa tentang teknik dan metode penelitian kualitatif serta bagaimana membuat laporan penelitian yang benar sesuai dengan metodologi penelitian kualitat
Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini ditulis oleh Prof. Dr. Lexy Johannes Moleong, M.A., seorang peneliti senior. Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas dasar asumsi. Untuk mendapatkan kebenaran, mestinya sua…
penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilandasi teori-teori pendukung untuk memberi penguatan atas sebuah karya dan pikir ilmiah bagi seorang peneliti dalam rangka menjawab pokok masalah.
Riset pendidikan merupakan aplikasi metodologi riset dalam bidang pendidikan dengan tujuan memperoleh temuan dalam bidang pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan ilmiah, serta dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan keilmuwan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. melalui buku ini, akan dibahas berbagai aspek yang terkait dengan metodologi dan aplikasinya dalam…
Berbagai penelitian yang dilakukan dewasa ini, sebagian besar menggunakan paradigma kualitatif, baik yang fenomenologis, naturalistik maupun simbolik. penelitian kualitatif memang mangasyikkann karenasalah satu pengumpulan datanya memakai pendekatan partisipatif.
Tujuan penelitian pendidikan secara umum adalah untuk meningkatkan daya i,ajinasi mengenal masalah-masalah pendidikan, kemudian meningkatkan daya nalar untuk mencari jawaban permasalahan itu melalui penelitian. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk membentuk kemampuandan keterampilan menggunakan rancangan-rancangan statistik penelitian yang berpedoman dengan pemecahan masalah yang diteliti, tera…
tujuan penelitian pendidikan secara umum adalah untuk meningkatkan daya imajinasi mengenai masalah- masalah pendidikan, kemudian meningkatnya daya nalar untuk mencari jawaban permasalahan itu melalui penelitian.
buku ini cenderung menekankan pada konsep dasar penelitian di idang sosial pendidikan yang di sertai contoh aplikasi dan ringkasan sederhana sehingga pembaca di harapkan dapat langsung menerapkannya dalam penelitian yang ditekuninya.
Pada buku ini penulis lebih menekankan pada metodologi penelitian keperawatan, khususnya penerapan pada penulisan skripsi atau tesis ilmu keperawatan serta memberikan beberapa contoh instrumen penelitian.
buku ini berisi pengetahuandasar mengenai konsep, pendekatan, metode, prosedur dalam penelitian bisnis, terutama untuk bidang akuntansi dan manajemen.
Buku ini terdiri atas 11 bab meliputi Pendahuluan, rancangan Penelitian, Penelitian Eksploratif, Penelitian Deskriptif, Penelitian Cross Sectional, Penelitian Kohor, Penelitian Kasus-Kontrol, Uji Klinis,
Buku ini menyajikan perihal metodologi penelitian kualitatif di bidang kesehatan, terdiri beberapa bab. Pembahasan buku ini diawali mengenai konsep dasar penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif, kemudian disambung dengan pembahasan mengenai teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang terdiri dari wawancara mendalam, focus group discussion serta observasi partisipasi, …