Buku ini juga merupakan buku yang penting untuk di baca mengingat masih jarangnya buku yang membahas manajemen pendidikan Islam.
Buku ini menghadirkan benang merah perjalanan dan perkembangan pendidikan Islam di Nusantara. Di samping pola perkembangan pendidikan Islam Nusantara pada masa awal, bentuk dan ragam transformasi pembaruan pendidikan Islam yang terjadi dan bagaimana kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasionalk pada saat ini.
secara teoritis, ilmu pengetahuan yang di miliki manusia tidak mungkin dimilikinya tanpa proses pendidikan. proses pendidikan tidak hanya dimulai dan dilaksanakan di sekolah, akan tetapi proses pendidikan dimulai sejak manusia masih dalam rahim ibu.
Buku ini merupakan salah satu upaya menghadirkan salah satu hasil upaya menghadirkan kembali bagaimana sebenarnya paradigma dari sistem pendidikan islam yg dapat dipergunakan sebagai alternatatif menghadapi sejumlah problem dunia pendidikan.
pendidikan islam yang mengandung nilai- nilai kebenaran dari konsep ilahi menyempurnakan serta mengoreksi kekurangan sistem pendidikan yang ada, metode pendidikan islam mendorong, memfungsikan, serta mengaktualisasikan segenap kemampuan kejiwaan yang naluriah dan ditunjang dengan kemampuan jasmaninya.
buku ini menjelaskan secara sistematis tentang pendidikan multikultural dalam pendidikan islam, disisi lain pendidikan multikultural juga sejalan dengan semangat undang undang sistem pendidikan nasional tahun 2003.