Buku ini terintegrasi dalam pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah ini disusun berdasarkan penelitian hibah pasca yang didanai oleh direktorat penelitian dan pengabdian pada masyarakat, direktorat jenderal pendidikan tinggi
Salah satu pembentuk karakter yang harus ditanamkan kepada siswa adalah nilai kejujuran, olejh karena itu kejujuran hendaknya menjadi perhatian sekolah untuk ditanamkan kepada para siswanya.
Otak prima, kejeniusan dan kecerdasan dibutuhkan di bidang apa pun untuk meraih kesuksesan, dan sekarang semakin disadari bahwa kecerdasaan bersifat jamak. Di samping faktor keturunan, ternyata faktor lingkungan dan proses pendidikan amat menentukan pembentukan kecerdasaan jamak tersebut. Ditulis oleh para pakar dari berbagai bidang, buku ini dimaksudkan untuk membantu Anda, para orang tua dan …
Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional; ketiga makna karakter, nilai-nilai dan konsep pendidikan karakter; keempat model pendidikan karakter; kelima implementasi pendidikan karakter.
pendidikan karakter menawarkan sustu himpunan menyeluruh berbagai strategi yang siap pakai untuk membantu anak mengembangkan karakter moral yang kuat yang mereka butuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan masa remaja dan masa dewasa.
Pengertian korupsi dapat menjadi lebih luas lagi. Perbuatan seperti berbohong, menyontek di sekolah, mark up, memberi hadiah sebagai pelicin dan lain sebagainya. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa tindakan korupsi merupakan sekumpulan kegiatan yang menyimpang dan dapat merugikan orang lain. Kasuskasus korupsi seperti ini sangat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan cenderung s…
usaha yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya yang terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Buku ini mengkaji bagaimana desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter dalam latar sekolah. Buku ini merupakan salah satu program kami (P3) yang secara keseluruhan terlihat pada desain pedagogik bangsa. Pedagogik bangsa adalah suatu grand design aplikasi pedagogik dalam konteks pembangunan bangsa Indonesia saat ini pada berbagai wilayah pendidikan.
Pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk dibahas melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memprihatinkan. Pendidikan mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam menyelesaikan segala persoalan bangsa, terlebih persoalan yang terkait dengan karakter bangsa itu sendiri. Oleh karenanya, pendidikan karakter harus mampu menjadi ruh dari misi pendidikan secara keselu…
Buku ini berisikan informasi tentang : pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa dari tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan, pendidikan melalui akhlak dan karakter, kedudukan dan pentingya karakter, pentingnya guru berkarakter dan perilaku guru terhadap murid, tahap-tahap pendidikan karakter dari adab 5-6 tahun : tanggung jawab7-8 tahun : kemandirian 11-1…
Buku ini membahas aspek pendidikan karakter, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, model pendidikan nilai dan etika sampai dengan contoh implementasinya. Buku ini disusun berdasarkan hasil kajian mendalam dan pengembangan riset yang telah dilakukan oleh penulis. Dalam buku ini, khusus dipilih aspek-aspek yang telah diimplementasikan di beberapa sekolah yang menjadi obyek penelitian.
pendidikan dimaknai sebagai suatu bimbingan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada anak-anak dalam pertumbuhannya, baik jasmani maupun rohani,tujuan darisebuah pendidikan adalah mengembangkan potensi potensi yang dimiliki oleh peserta didik.