Text
Psikologi Lintas Budaya
Cukup sering kita mendengar bahwa produk-produk luar negeri gagal disukai oleh konnsumen Indonesia. Atau sebaliknya ada yang justru sebaliknya hanya laku di Indonesia, sementara dinegara lain gagal. Tak hanya itu, kebijakan-kebijakan yang diadopsi dari luar negeri belum tidak jarang gagal diterapkan di Indonesia. Mengapa ini terjadi?
Salah satu kunci yang belum pas adalah kurang dipahaminya psikologi orang Indonesia sesungguhnya tidak sederhana. Umumnya psikologi yang diterapkan untuk mendukung produk atau kebijakan itu berbasis psikologi barat. Padahal Indonesia berbeda, yang paling mudah setidaknya terdapat lebih dari 1.000 etnis dan 700 bahasa di Indonesia. Dengan demikian adalah naif jika psikologi yang diterapkan di Indonesia disamakan dengan masyarakat di belahan dunia lain. Untuk membuat kunci itu dibutuhkan satu sub ilmu psikologi yang disebut Psikologi Lintas Budaya (PLB), yaitu studi komperatif dsan kritis mengenai pengaruh-pengaruh budaya pada psikologi manusia.
Buku ini ditulis oleh Sarlito W. Sarwono seorang ahli Psikologi Sosial yang telah lama memahami gejala psikologi lintas budaya di Indonesia. Naskah awalnya berasal dari bahan ajarnya, sehingga bagi para peminat psikologi lintas budaya akan merasa diajak ikut perkuliahannya yang menarik dan atraktif. Acuan-acuan klasik dan terkini serta lintas Ilmu (psikologi dan antropologi secara khusus) menjadikan buku ini berbobot secara akademik.
Sebagaimana peruntukannya untuk kuliah, maka buku ini amat berguna secara khusus bagi para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan psikologi lintas budaya dan peneliti-peneliti yang melakukan penelitian lintas budaya. Khalayak lain yang bisa menggunakan adalah para pengambil kebijakan karena jelas psikologi orang Indonesia adalah khas, tidak bisa di samaratakan
Tidak tersedia versi lain