Text
Manajemen Pendidikan Global
Pendidikan selalu berkembang mengikuti dinamika
kehidupan masyarakat. Dewasa ini masyarakat Indonesia sedang
mengalami perubahan transisional dari masyarakat agraris ke arah
masyarakat industri. Bahkan, sebetulnya telah terjadi lompatan
perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat informasi. Menurut
Tilaar, perubahan tersebut meniscayakan desain pendidikan memiliki
relevansi dengan kebutuhan masyarakat yang terus berubah.1
Artinya, pendidikan pada masyarakat agraris didesain relevan
dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat agraris. Pendidikan
pada masyarakat industri dan informasi didesain mengikuti arus
perubahan dan kebutuhan masyarakat era industri dan informasi.
Begitulah siklus perkembangan perubahan pendidikan yang
senantiasa didesain relevan dengan perubahan zaman dan
kebutuhan masyarakat pada suatu era, baik pada aspek konsep,
materi dan kurikulum, proses, fungsi serta tujuan dari lembaga pendidikan.
Tidak tersedia versi lain